Sunday, June 14, 2015

Membuat Komunikasi Ethernet with Visual Studio C#




Hai hai halo halo guys, kali ini saya akan membagikan sebuah latihan khusus bagi kamu yang sedang mencari tutorial pemrograman c# , ya kali ini kita akan bicara tentang komunikasi Ethernet. Aplikasi yg saya gunakan adalah Visual Studio guys tapi di SharpDevelop juga bisa kok guys.






Saya bahas sedikit ya tentang komunikasi ethernet, komunikasi ethernet itu adalah salah satu jenis komunikasi yang paling sering ditemui, bisa digunakan untuk komunikasi antar PC, PC dengan mikrokontroller, PC dengan PLC, PLC dengan PLC dll . misal nya saja menggunakan RJ 45. ada juga yang nirkabel dengan menggunakan wireless router . nah kali ini kita akan mencoba menbuat sebuah aplikasi chatting teks sederhana menggunakan protocol UDP.
Tahap pertama : kalian harus memiliki software pemrograman berbasis c#  contoh visual studio atau microsoft visual c# atau sharpdevelop.
Tahap kedua : kalian desain formnya seperti ini :

Tahap ketiga : Kalian deklarasikan using using nya ya guys :D , pada bagian tersebut kita tambahkan :
using System.Net;
using System.Net.Sockets;
using System.Threading;

fungsinya memanggil library yang akan dipakai sebagai jalur untuk mengakses beberapa fungsi yang diperlukan seperti penggunaan thread, akses port.

Tahap keempat : deklarasian fungsi AddMessage yang bertipe delegate void, delegate disini digunakan karena adanya pengaksesan sebuah tool (richTextBox) pada 2 buah event yang berbeda.

 


delegate void AddMessage(string message);


kemudian deklarasikan juga variabel “port” yang mana nantinya nilai variabel ini digunakan sebagai port yang akan digunakan aplikasi untuk mengirimkan dan menerima data. juga
variabel “broadcastAddress” yang mana nantinya variabel ini digunakan untuk mendefinisikan alamat IP tujuan


int port = 11000;
const string broadcastAddress = "192.168.0.255";


dan selanjutnya kita ketik program lengkapnya seperti ini ya guys?
silahkan di coba.
 

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
using System.Net;
using System.Net.Sockets;
using System.Threading;
namespace PeerToPeerChat
{
    public partial class ChatForm : Form
    {
        delegate void AddMessage(string message);
        
        string userName;
        
       int port = 11000;
           const string broadcastAddress = "192.168.0.255";
        UdpClient receivingClient = new UdpClient(11000);
           UdpClient sendingClient;
        
           Thread receivingThread;
        public ChatForm()
        {
            InitializeComponent();
            this.Load += new EventHandler(ChatForm_Load);
            btnSend.Click += new EventHandler(btnSend_Click);
        }
        private void ChatForm_Load(object sender, EventArgs e)
        {
               tbSend.Focus();
               InitializeSender();
               InitializeReceiver();
           }
        
       private void InitializeSender()
       {
           sendingClient = new UdpClient(broadcastAddress, port);
           sendingClient.EnableBroadcast = true;
       }
        
       private void InitializeReceiver()
       {     
           ThreadStart start = new ThreadStart(Receiver);
           receivingThread = new Thread(start);
           receivingThread.IsBackground = true;
           receivingThread.Start();
    }
    private void btnSend_Click(object sender, EventArgs e)
    {
        tbSend.Text = tbSend.Text.TrimEnd();
        
           if (!string.IsNullOrEmpty(tbSend.Text))
           {
               string toSend = "<" + Environment.MachineName + "> : " + tbSend.Text;
               byte[] data = Encoding.ASCII.GetBytes(toSend);
               sendingClient.Send(data, data.Length);
               tbSend.Text = "";
           }
        
           tbSend.Focus();
    }
    private void Receiver() {
           IPEndPoint endPoint = new IPEndPoint(IPAddress.Any, port);
           AddMessage messageDelegate = MessageReceived;
        
           while (true)
           {
               byte[] data = receivingClient.Receive(ref endPoint);
               string message = Encoding.ASCII.GetString(data);
               Invoke(messageDelegate, message);
            System.Console.Beep(1500, 300);
           }
       }
        
       private void MessageReceived(string message)
       {
           rtbChat.Text += message + "\n";
       }
  }
}

 Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan semoga dapat dikembangkan lagi. Terimakasih :)


No comments:

Post a Comment